STATISTIK

Kamis, 03 November 2011


Ini Dia Tips Antisipasi Tindak Kejahatan Ranjau Paku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tindak kejahatan dengan modus menebar ranjau paku masih terus terjadi di jalanan di Jakarta. Berikut tips dari Humas Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi aksi kejahatan dengan modus tebar ranjau paku ini:
Bila terasa ada yang tak beres dengan ban, jangan memeriksa ban atau berhenti di tempat sepi. Lebih baik paksakan tetap jalan sambil mencari tempat yang lebih aman, misalnya SPBU, restoran atau hotel. "Memang ada risiko velg dan ban rusak, tapi risiko ini jauh lebih murah apalagi bila di dalam mobil kita ada barang-barang berharga," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Baharudin Djafar, Jumat (21/10).
Setelah menemukan tempat, memarkir mobil di kawasan yang lebih ramai (aman), dan memastikan ban memang kempes, jangan coba ganti ban sendiri. Lebih baik minta bantuan tukang tambal ban agar kita bisa tetap waspada mengawasi barang-barang berharga yang ada di dalam mobil
Khusus untuk pengendara pada malam hari yang sepi, disarankan agar tetap konsentrasi dan melaju dengan cepat. Kecepatan rendah, apalagi bila kita sendirian dan seperti sedang bingung, mengundang penjahat memasang jeratnya.
Selama berkendara, perhatikan terus kondisi sekitar. Waspadalah bila ada pengendara yang mencurigakan. Bisa jadi, Anda sedang dibuntuti dan disergap saat berhenti di tempat sepi.
Simpan barang-barang berharga Anda dalam mobil dengan baik agar tidak mudah terlihat dari luar. "Karena hal ini akan semakin terlihat, semakin mengundang aksi penjahat," terang Baharudin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar